Game ini adalah game dengan menggambar di papan tulis dimana siswa yang menggambar dan siswa yang lainnya menebak kata. Peraturan dari game ini adalah tidak boleh berbicara ketika menggambar kata atau kalimat yang sedang ditebak. Siswa yang dapat menebak dengan tepat mendapatkan poin.
Langkah-langkah bermain game:1. Bagi kelompok kedalam 3 kelompok.
2. Masing-masing perwakilan maju untuk menggambar gambar yang harus ditebak.
3. Kelompok yang bisa menjawab, mereka mendapatkan poin.
4. Gambar :
- bisa berupa animals
- fruit
- transportation
- food
tergantung materi yang telah dipelajari
Misalnya menggambar buah mangga, buah semangka, dll.
2. Direction Game
Game ini bernama directions game. Game ini bermanfaat untuk melatih kemampuan siswa di dalam menjelaskan arah dalam bahasa Inggris. Selain itu, game ini juga bermanfaat untuk mengajarkan kepada siswa mengenai public places atau tempat-tempat umum.
Langkah-Langkah Memainkan Game
1. Siapkan sebuah papan tulis
2. Tempel gambar beberapa tempat umum yang diinginkan misalnya supermarket, kantor pos, dll
3. Tanyakan kepada murid, where do you want to go?
4. Siswa menjawab, I want to go to the post office.
5. Lalu minta satu siswa untuk maju, ditutup matanya dengan sebuah kain dan berikan spidol
6. Lalu minta siswa lain untuk menunjukan jalan kepadanya, dia harus mengarahkan temannya ke jalan yang diinginkan misalnya post office. Go straight, turn right, dll
7. Setelah selesai, bisa diganti dengan siswa yang lain
3. Rock Paper Scissors Drill
Game ini bernama Rock Paper Scissors Drill. Kalau istilah bahasa Indonesianya adalah Gunting, Batu, Kertas, Game ini biasanya dimainkan secara berkelompok. Keseruan dari game ini adalah ketika siswa suit dengan lawannya.
Langkah-Langkah memainkan game :
1. Siapkan beberapa flashcards misalnya tentang vegetable.
2. Lalu tempel flashcards di papan tulis
3. Kemudian siapkan 2 kelompok. Satu kelompok berada di ujung kanan dan satu lagi ada di ujung kiri.
4. Siswa pertama harus menyebutkan flashcard pertama misalnya it is a carrot. Sampai yang menemukan lawannya.
5. Apabila sudah berpapasan dengan lawan, maka mereka bisa suit. Yang menang bisa melanjutkan menyebutkan kata, yang kalah menyebutkan lagi dari awal
6. Siapa yang berhasil menyebutkan sampai ujung dialah pemenangnya.
7. Apabila kata yang tempelkan guru banyak, maka permainan akan lumayan lama.
8. Tapi bila flashcards yang ditempel sedikit, permainan biasanya akan lebih cepat.
4. Big Circle, Small Circle Game
Game ini bernama "Big circle, Small circle" Game ini membentuk sebuah lingkaran dimana ada sebuah lingkaran besar dan lingkaran kecil. Manfaat dari game ini adalah siswa terbiasa menggunakan grammar yang benar terkait dengan materi There is/ There are
Langkah-Langkah memainkan game: 1. Siapkan sebuah flashcards kecil berupa gambar tempat pensil dan sebuah tas sekolah. Siapkan juga flashcards berupa gambar pulpen, pensil, ular, dsb.
2. 1 siswa menggunakan 2 flashcards
3. Siswa yang berada di lingkaran kecil bertanya kepada yang berada di lingungan besar.
What is in your school bag?
What is in your pencil case?
4. Sedangkan siswa di lingkaran besar menjawab. (Tergantung gambar yang mereka dapatkan)
There is a snake in my school bag.
There is an eraser in my pencil case.
5. Lalu guru mengatakan turn, atau switch agar siswa yang di lingkaran luar berpindah ke kanan.
6. Lalu mereka akan ditanya lagi oleh siswa yang berada di lingkaran kecil.
5. Minefield Game
Game ini yang bernama "Minefield. Game ini bermanfaat untuk mengajarkan materi directions karena siswa diminta untuk mengarahkan temannya ke tempat tujuan.
Langkah-langkah mengainkan game :
1. Siapkan penutup mata
2. Siapkan flashcards berupa tempat -tempat umum
3. Letakan flashcards di lantai
4. Minta siswa untuk maju dan begerak ke tempat yang seharusnya. Siswa lain mengarahkan dia.
5. Di tengah perjalanan dari pihak lawan bisa memindahkan flashcards.
6. Bila siswa menginjak flashcards yang bukan tempat tujuan maka dia kalah.
7. Temannya harus mengarahkan temannya ketempat yang seharusnya.
8. Lalu bergantian team lawan untuk bisa bermain.
6. Let's Go to the Market
Langkah-langkah memainkan game :
1. Siapkan beberapa flashcards tentang buah dan sayur.
2. Si penjual menampilkan beberapa flashcards. Misalnya 4 flashcards tentang banana, apple, avocado, and tomato
3. Siswa yang menjadi Pembeli mengatakan I want some banana, please.
4. Siswa yang menjadi Penjual mengatakan here you are.
5. Pembeli juga mengatakan thank you
6. Penjual mengatakan you're welcome
7. Untuk pembagiannya guru bisa memilih siapa yang menjadi penjual siapa yang menjadi pembeli.
7. Circle Challenge
Langkah-langkah memainkan game:
1. Siswa dan guru berdiri dan membentuk sebuah lingkaran
2. Guru bertanya kepada siswa di sebelah kanan. Have you tried scuba diving?
3. Siswa menjawab yes, I have tried scuba diving.
4. Kemudian siswa yang menjawab tadi bertanya kepada temannya di sebelah kanan. Have you tried tennis? dsb
5. Lanjutkan sampai semua siswa mencoba bertanya dan menjawab menggunakan "have you tried"
(Present perfect tense)
6. Bila siswa belum pernah mencobanya maka dia bisa menjawab dengan No, I haven't tried tennis.
8. Pair Share Game
Game ini bermanfaat untuk membuat siswa berbicara bahasa inggris. Contohnya materi Simple Present Tense. Do you want to ......... with me?
Langkah-Langkah memainkan game:
1. Guru menyiapkan beberapa gambar kecil. Misalnya football, basketball, dll
2. Lalu siswa yang lain bertanya. Do you want to play football with me?
3. Lalu partner nya akan menjawab Yes, I do atau No, I don't sorry.
4. Kemudian guru meminta siswa untuk switch position.
5. Lalu bertanya lagi sesuai dengan gambar yang mereka dapatkan.
6. Kemudian switch the card. (Tukar kartu)
7. Agar lebih seru, bisa menggunakan kata "mingle" untuk mencari pasangannya. Mingle mingle mingle mingle stop. Agar bisa bercampur baur dan mendapatkan partner untuk speaking.
Materi ini bisa diganti dengan tenses lain misalnya present prefect, future tense, past tense, atau pertanyaan what is your favourite lesson? dll.
No comments:
Post a Comment