Thursday, August 13, 2020

Strategi Mengajar Kecerdasan Naturalis




Hai para blogger semuanya :)

Hari ini saya akan berbagi mengenai strategi mengajar untuk anak yang memiliki kecerdasan Naturalis. 
Sebelum kita beralih ke contoh-contohnya. Kita harus paham dulu mengenai kecerdasan Naturalis. 
Sebenarnya apa sih kecerdasan naturalis itu?

Kecerdasan Naturalis adalah kecerdasan yang berkaitan dengan alam sekitar. Siswa yang memiliki kecerdasan naturalis adalah siswa yang menyukai ekspolarasi lingkungan atau alam di sekitarnya. 
Lalu apa saja strategi mengajar untuk anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis?

Strategi Mengajar Kecerdasan Naturalis 

1. Tebak suara hewan
Tebak suara hewan adalah permainan yang dilakukan siswa dengan cara mendengarkan bunyi suara binatang, lalu menebak nama binatang dan menirukannya. Biasanya tebak suara hewan ini digunakan pada level TK atau SD. Dimana guru-guru biasanya menirukan suara hewan lalu siswa menjawab. 

2. Identifikasi tumbuhan
Identifikasi tumbuhan adalah proses mengidentifikasi identitas tumbuhan yang didasari dari jenis, ciri, dan klasifikasi taksonomi menurut Linnaeus. 

3. Matematika daun
Matematika daun adalah pembelajaran siswa menggunakan daun sebagai media belajar. Untuk matematika daun, sebagai contohnya siswa diminta untuk mengukur panjang daun dan menuliskannya. Daunnya bisa ditempel di kertas selembar lalu ditempelkan ke dinding kelas.

4. Karyawisata
Karyawisata adalah kunjungan ke suatu objek dalam rangka memperluas pengetahuan dalam hubungan dengan pekerjaan seseorang atau sekelompok orang. 

Strategi Mengajar Kecerdasan Intrapersonal



Hai para blogger semua :)

Hari ini kita akan membahasa mengenai strategi mengajar kecerdasan interpersonal. Tapi sebelumnya kita harus mengetahui apakah kecerdasan intrapersonal itu. 

Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan yang berkaitan dengan dirinya sendiri. 

Strategi Mengajar Kecerdasan Intrapersonal 

1. Games Siapa Saya 

Games siapa saya adalah permainan mengenai siapa sesungguhnya saya. 

2. Pertanyaan Dimulai dari Saya

3. Mengenal Tokoh 

Mengenal tokoh adalah mengenal autobiografi tokoh (orang-orang terkenal) dan memahami peran tokoh dalam sejarah kebudayaan manusia. 

4. Kontrak Nilai

Kontrak nilai adalah nilai pekerjaan yang dikerjakan oleh pihak pemborong berdasarkan surat perintah kerja antara pihak pemberi pekerjaan dan penerima pekerjaan dalam jangka waktu tertentu dan jumlah biaya tertentu. 

5. Manipulasi Identitas

Manipulasi identitas adalah suatu teknik manipulasi/mengubah informasi mengenai identitas. 
 


Strategi Mengajar Kecerdasan Interpersonal




Strategi Mengajar Kecerdasan Interpersonal 

1. Kerja Kelompok 

Kerja kelompok adalah aktivitas kerja yang dilakukan secara bersama-sama dengan mementingkan unsur interaksi kebersamaan dalam menyelesaikan suatu masalah atau menghasilkan suatu karya.

2. Kartu Soal

Kartu soal adalah aktivitas kreatif yang dibuat guru pada pembelajaran.

3. Sosiodrama 

Sosiodrama adalah drama yang bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang masalah sosial politik.

4. Memberi dan Menerima 

Memberi dan menerima adalah penguasaan materi pelajaran melalui kartu, berpasangan dengan saling bertukar informasi dan pengevaluasian yang bertujuan mengetahui pengetahuan atau penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan dalam kartu dan kartu pasangannya.

5. Jigsaw

Jigsaw adalah siswa melakukan suatu kegiatan belajar dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama. 

6. Cerdas Cermat Berantai

Cerdas cermat berantai adalah suatu lomba yang dilakukan antar kelompok dalam menjawab pertanyaan-pertanyaa yang disiapkan guru.

7. Surat Untuk Sahabat

Surat untuk sahabat adalah siswa membuat surat berisi pertanyaan dan surat dijawab oleh sahabat, surat dikembalikan ke teman pengirim untuk dikomentari. 


Strategi Mengajar Kecerdasan Kinestetik


Strategi Mengajar Kecerdasan Kinestetik 


1. Jawaban Stik 

Jawaban stik adalah permainan mengambil soal dari stik es krim secara perlahan dan hati-hati tanpa menyentuh stik es krim yang saling bertumpuk.

2. Fishing Game

Fishing game adalah aktivitas pembelajaran memancing soal yang tertempel pada ikan.

3. Lompatan Benar Salah 

Lompatan benar salah adalah suatu lompatan yang dilakukan secara berkelompok, mengutamakan kekompakan dan kerja sama yang dilakukan setelah selesai menerima aba-aba dalam bentuk pernyataan.

4. Matematika Basket

Matematika basket adalah suatu permainan matematika dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang basket. 

5. Gerakan Kreatif 

Gerakan kreatif merupakan gerakan variatif yang dibuat secara simbolik untuk mengekspresikan makna dari sebuah arti.

6. Games Ular Tangga

Ular tangga adalah papan permainan untuk anak-anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih.

7. Simulasi 

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya. 

8. Demonstrasi

Demonstrasi adalah pertunjukan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh siswa secara nyata atau tiruannya.

9. Bermain Peran

Bermain peran adalah dengan memerankan tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama.

10. Lari Kanan Kiri Benar Salah 

Lari kanan kiri benar salah adalah siswa berlari ke sebelah kanan jika mendengar pernyataan yang benar dan berlari ke sebelah kiri jika mendengar pernyataan yang salah.

11. Injak Angka

Injak angka adalah melompat dan menginjak kertas yang berisi angka-angka sambil menyebutkan angka yang dimaksud. 

12. Lekukan geometri

Lekukan geometri adalah olah tubuh yang dilekuk membentuk simetri-simetri geometri.

13. Kartu Domino

Kartu domino adalah menyambungkan bagian kartu sesuai pasangan pada jumlah angka atu gambar yang tertera pada kartu domino.

Strategi Mengajar Kecerdasan Musik



 Strategi Mengajar Kecerdasan Musik

1. Parodi

Parodi adalah seni atau karya seni yang dengan sengaja meniru gaya dari penulis atau pencipta lain dengan efek mencari kejenakaan.

2. Konser

Konser adalah pertujukan musik di depan umum; pagelaran musik.

3. Games tebak bunyi

Games tebak bunyi adalah permainan tebak-tebakan yang dilakukan antara peserta didik dan dibatasi waktu lima detik pada setiap tebakan.

4. Bernyanyi

Bernyanyi dalam aktivitas belajar mengajar adalah menyanyikan sebuah lagu baik secara berkelompok maupun individu.

Strategi Mengajar Spasial-Visual



Strategi Mengajar Spasial-Visual 

1. Mind Map

Mind mapp adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran menusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.

2. Tulisan tangan dan pasir 

Menulis di udara adalah teknik menulis visual yang dilakukan di pasir. 

3. Menulis di Udara 

Menulis di udara adalah teknik menulis visual yang dilakukan di udara. 

4. Urutan Gambar 

Urutan gambar adalah gambar-gambar yang diurutkan sesuai urutan gambar dan pola pada gambar. 

5. Tebak Gambar

Tebak gambar adalah sebuah keterampilan menebak secara pasti atau kira-kira, objek yang ditebak didasarkan dari ciri-ciri, kriteria tertentu dimana kebenarannya bersifat belum pasti.

6. Menggambar Imajinatif 

Menggambar imajinatif adalah membuat atau menciptakan gambar yang berasal dari imajinasi daya pikir berdasarkan daya pikur berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. 

7. Huruf dalam warna 

Huruf dalam warna adalah huruf yang tersamar dalam kumpulan lingkaran-lingkaran kecil warna-warni, sebagai bentuk kamuflase huruf. 

8. Tebak Sketsa Wajah

Tebak sketsa wajah adalah lukisan cepat yang hanya berupa garis-garis besarnya.

9. Menggambar makna simbol 

Menggambar makna simbol adalah menerjemahkan maksud yang terkandung dari satu definisi dalam bentuk gambar visual 

10. Membaca Peta

Membaca peta adalah mendeskripsikan wilayah-wilayah sekitar tempat di mana objek yang ditentukan berada.

11. Movie Learning

Movie learning adalah proses atau aktivitas nonton film tertentu sebagai bagian proses pembelajaran terhadap suatu objek atau tema tertentu. 

12. Menebak Peta

Menebak peta adalah aktivitas belajar yang menekankan permainan berupa nama tempat, kota, lokasi, negara, dan lain-lain. 

13. Membaca Gambar 

Membaca gambar adalah mendeskripsikan gambar melalui penjelasan mengenai apa yang terkandung dalam gambar. 

14. Tebak Angka DalamWarna

Tebak angka dalam warna adalah menebak angka yang tersamar dalam kumpulan bintik-bintik warna-warni, sebagai bentuk kamuflase warna angka. 

15. Flashcards

Flashcards adalah kartu pelajaran.

ARTIKEL TERBARU

Teaching with Games (NAME GAME)